Inilah 14 Fungsi Masing-masing Tombol pada Setir Mobil F1
Formula
one, atau yang paling mudah disebut orang dengan F1 adalah sebuah
kompetisi balap dunia yang didalamnya adalah kumpulan dari semua
teknologi pabrikan menyatu dengan segala kecanggihan elektronik.
Untuk
bisa menjadi seorang pembalap F1 tidaklah mudah, seperti sama dengan
seseorang yang ingin menjadi seorang pilot pesawat tempur, bedanya jet
yang dikendarai ini menapak di aspal. selain itu seorang pembalap F1
salah satunya harus memfungsikan segala yang ada di kokpit mobil
tersebut yang idak mudah untuk diingat.
Sebagai
pengetahuan dasar kita tentang kokpit mobil F1 mari kita mulai dengan
fungsi tombol2 yang terdapat pada mobil F1 dibawah ini.
1. Tombol MSG OK
Merupakan tombol multifungsi digunakan untuk menset semua fungsi-fungsi yang terdapat didalam mobil.
2. Tombol Menu scroll buttons
Tombol ini berfungi sebagai tombol untuk memilih menu-menu yang ada didalam mobil.
3. Tombol Differential adjustment
Tombol
ini berfungi untuk mengatur traksi dan grip pada ke empat roda,
mengatur stabilitas pengereman dan juga mengatur sistim pada mobil pada
saat berbelok.
4. Tombol Neutral switch
Tombol ini berfungi untuk mengatur kembali settingan mobil ke posisi normal.
5. Tombol Front wing switch
Tombol untuk mengatur dan menyesuaikan sudut sayap/bumper depan mobil untuk meningkatkan downforce.
6. Tombol Radio LED
Menyala dengan warna biru untuk menginformasikan kepada pengemudi tentang arahan-arahan dari pit.
7. Tombol Pit-to-car radio
Fungsi nya untuk mematikan dan menghidupkan fungsi komunikasi radio
8. Tombol Fuel mix adjustment
Mengatur campuran bahan bakar, baik untuk memelihara atau meningkatkan performa mesin, sesuai dengan yang diperlukan.
9. Tombol Throttle map override
Mengatur katup mesin dan juga menyesuaikan dengan karakteristik yang sesuai dengan kondisi lintasan.
10. Tombol Overtake button
Mengatur
dan meningkatkan kecepatan mesin dalam sekejap ke posisi maksimal yaitu
18.000 rpm. Kecepatan ini dibutuhkan pada saat pembalap akan menyalip.
(Sejenis Turbo gitu)
11. Tombol Pitlane speed limiter
Mematikkan
dan menghidupkan fungsi tombol pengontrol kecepatan pada saat berada di
pitlane, seperti yang sobat semua ketahui bahwa didalam pitlane
kecepatan mobil harus dikurangi apabila tidak di taati maka akan dikenai
hukuman.
12. Tombol Engine breaking level
Tombol
ini difungsikan pada saat keadaan lintasan basah, yang bermanfaat untuk
meningkatkan stabilitas belakang roda belakang mobil.
13. Tombol Tyre configuration
Tombol
yang berfungsi untuk mengoptimalkan pengaturan ban dan juga berfungsi
untuk mengaktifkan lampu belakang pada saat keadaan hujan.
14. Tombol Master multifunction switch
Memungkinkan
pengemudi untuk mengakses sejumlah pengaturan sistem mesin mobil,
kendali sayap depan/belakang, kendali "aero" yang berfungsi yang
memantau dan memaksimalkan aliran udara mobil.
Oh ya sebagai tambahan, harga untuk setir jenis ini mencapai Rp. 368 juta.
Bagaimana? tertarik menjadi pembalap F1?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar