Kamis, 24 Mei 2012

LENSA TELE YANG GEDE HARGANYA GEDE BENTUKNYA

 





macam-macam lensa kali ini dibahas sekilas dalam blog saya...berikut macam2 lensa.. kali ini yang dibahas lebih lanjut lensa tele, bukan teler, telet, bahkan tele*...

1. Lensa Standar. Lensa ini disebut juga lensa normal. Berukuran 50 mm dan memberikan karakter bidikan natural.
2. Lensa Sudut-Lebar (Wide Angle Lens). Lensa jenis ini dapat digunakan untuk menangkap subjek yang luas dalam ruang sempit. Karakter lensa ini adalah membuat subjek lebih kecil daripada ukuran sebenarnya. Dengan menggunakan lensa jenis ini, di dalam ruangan kita dapat memotret lebih banyak orang yang berjejer jika dibandingkan dengan lensa standar. Semakin pendek jarak fokusnya, maka semakin lebar pandangannya. Ukuran lensa ini beragan mulai dari 17 mm, 24 mm, 28 mm, dan 35 mm.
3. Lensa Fish Eye. Lensa fish eye adalah lensa wide angle dengan diameter 14 mm, 15 mm, dan 16 mm. Lensa ini memberikan pandangan 180 derajat. Gambar yang dihasilkan melengkung.
4. adalah untuk mendekatkan subjek, namun mempersempit sudut pandang. Yang termasuk lensa tele adalah lensa berukuran 70 mm ke atas. Karena sudut pandangannya sempit, lensa tele akan mengaburkan lapangan sekitarnya. Namun hal ini tidak menjadi masalah karena lensa tele memang digunakan untuk mendekatkan pandangan dan memfokuskan pada subjek tertentu.
5. Lensa Zoom. Merupakan gabungan antara lensa standar, lensa wide angle, dan lesa tele. Ukuran lensa tidak fixed, misalnya 80-200 mm. Lensa ini cukup fleksibel dan memiliki range lensa yang cukup lebar. Oleh karena itu lensa zoom banyak digunakan, sebab pemakai tinggal memutar ukuran lensa sesuai dengan yang dibutuhkan.
6. Lensa Makro. Lensa makro biasa digunakan untuk memotret benda yang kecil.


Lensa Tele secara garis besar adalah lensa yang mampu membesarkan objek dari kejauhan, karena lensa tele mempunyai range antara lain adalah 75-300mm namun masih banyak range lainnya yang lebih ekstrim dari range tersebut.

Lensa tele, terkenal dengan kemampuannya untuk mengambil objek dari kejauhan sehingga tidak lazim juga ketika seseorang mengatakan lensa tele sebagai lensa candid atau memfoto objek namun objek tersebut tidak sadar kalau sedang dibidik.

Manfaat ketika anda mempunyai lensa tele yaitu sudah jelas, anda dapat mengambil objek yang jauh tanpa harus mendekat, manfaat lainnya yaitu anda tidak terlalu banyak menguras tenaga, karena anda akan sangat jarang bergerak ketika menggunakan lensa tele. Pernah melihat fotografer sepak bola kan ? Iya, mereka tentu menggunakan lensa tele, karena selain objek yang selalu bergerak, kita tidak akan pernah tahu moment yang bagus, apakah sedang berada di dekat kita atau jauh, oleh karena itu, lensa tele sangat dibutuhkan ketika memotret sepak bola.

Ruang yang diberikan oleh lensa tele tidak terlalu lebar (Wide), karena semakin panjang focal length (200mm – 400mm) maka ruang yang diberikan tentunya semakin sempit, namun keuntungan dari menyempitnya ruang tersebut, kita akan menapatkan bokeh yang luar biasa, karena jika jarak objek yang dekat kemudian background dari objek tersebut jauh maka bokeh yang dihasilkan akan bagus. Seperti foto Wayne Rooney yang saya contohkan disamping.

Ukuran lensa tele sepertinya mempengaruhi ya, karena lensa tele terkenal dengan ukuran besarnya, panjang dan besar itulah ciri-ciri lensa tele. Namun ketika kamu ingin membeli lensa tele, tentukan dulu karakter dari diri kamu, suka dengan style lensa tele yang seperti apa, kalau kamu memang penggila lensa tele, tentunya tidak akan ragu-ragu dalam memilih lensa tele yang paling bagus, namun bagi yang level entry atau middle, biasanya lensa tele yang dipergunakan adalah lensa tele yang kelasnya biasa juga. kelas yang saya maksud adalah bukaan dari lensa tersebut seperti bukaan pada F/2.8 atau bukaan standar F/4, karena semakin besar bukaan dari lensa tele maka akan mempengaruhi harga dan hasil.

Tentunya untuk level entry akan menggunakan standard dari lensa tele yaitu 75-300mm F/4.5-5.6 yang berarti pada saat 75mm bisa mencapai F/4.5 dan di 300mm F/5.6 Karena lensa tersebut masih terjangkau dalam segi harga dan pembelajaran. Berbeda lagi kalau sudah level Pro, maka akan menggunakan lensa tele yang mempunyai range fix seperti 135mm F/2.8 atau 70-400mm F/2.8, karena tingkat kepuasan mereka sudah berbeda dengan level entry. Level Pro akan mengutamakan kualitas karena sasaran mereka adalah kepuasan pribadi dan konsumen.

Dalam penggunaan lensa tele, diperlukan ketenangan, karena semakin kita sering membidik dalam range yang besar (200mm – 300mm) maka resikonya yaitu gambar yang dihasilkan akan shake (bergoyang) atau miss fokus, sehingga penggunaan lensa tele ini terkesan santai dan harus sabar ketika hunting dengan lensa tele. Resiko gambar shake dan miss fokus bisa diminimalisir menggunakan ISO yang tinggi, karena dengan ISO tinggi bisa mempercepat shutter untuk mengambil gambar, namun ketika menggunakan ISO tinggi resikonya adalah gambar menjadi noise.

harganya
pada umumnya harga lensa tele berkisar dari harga 1,3 juta sampeee nguras kantong ato bahkan tabungan celengan, rekening bank yaitu 12 jt bahkan lebih tergantung pada seri dan typenya...

http://azizhadi.com/lensa-tele.html
Chiawono, Agus. Teknik Fotografi Digital Blitz for Dummies

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل





























    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus